Potensi Kelinci, Kalisari Jadi Sasaran Proyek Sosial Mahasiswa

Foto: Media Center Kamaba Yogyakarta

Penyuluhan ternak kelinci yang diadakan Kamaba Yogyakarta di Dukuh Kalisari, Desa Balongrejo, Kecamatan Banjarejo, Sabtu (19/1/2019).

Sabtu, 19 Januari 2019 22:01 WIB

BLORA (edukasia.wartablora.com)—Banyaknya warga Dukuh Kalisari, Desa Balongrejo, Kecamatan Banjarejo, yang beternak kelinci membuat mahasiswa yang tergabung dalam Keluarga Mahasiswa Blora (Kamaba) Yogyakarta tertarik untuk mengadakan proyek sosial. Sabtu, 19 Januari 2019, sejumlah mahasiswa Kamaba Yogyakarta mengadakan penyuluhan ternak kelinci kepada peternak.

"Penyuluhan ini termasuk pemasarannya. Karena bagi kami ini merupakan faktor penentu keberhasilan peternak kelinci di pedukuhan ini," kata Nike Nurjannah, Ketua Kamaba Yogyakarta dalam rilisnya, Sabtu.

Penyuluhan ini, kata Nike, merupakan awal dari rangkaian proyek sosial yang dikerjakan Kamaba Yogyakarta untuk Dukuh Kalisari.

"Goal kami sebenarnya menjadikan pedukuhan ini sebagai desa wisata kelinci di Kabupaten Blora. Untuk mencapainya, kami nantinya tak sekedar berhenti pada penyuluhan hari ini, tapi ada proyek berkelanjutan untuk meraih goal kami tadi," terangnya.

Rangkaian yang panjang dari proyek sosial ini disebutkan Nike berupa perubahan mindset dari peternak setempat.

"Jadi rangkain pertama adalah mengubah mindset masyarakat tentang beternak kelinci, lalu penyuluhan kelinci, kemudian pemasarannya, dan selanjutnya menuju dukuh Kalisari sebagai pelopor Desa Wisata Kelinci di Blora," sebutnya.

Untuk mengubah mindset ini, Kamaba Yogyakarta merasa perlu untuk menghimpun peternak di dalam kelompok usaha yang termanajemen dengan baik.

"Kami membentuk struktur pengurus kelompok usaha bersama peternak kelinci yang diketuai oleh Muhammad Mustakim, yang juga pernah menjadi Ketua Kamaba tahun 2013," sebutnya. 

Proyek sosial ini dikatakan Nurjannah merupakan bentuk pengabdian masyarakat dari mahasiswa yang terhimpun dalam Kamaba Yogyakarta. (*)