Siswanto Sebar 999 Amplop THR

Foto: Suprianto

Siswanto berfoto bersama dengan guru-guru tidak tetap yang mengajar di desa dan kelurahan yang ada di Kecamatan Ngawen, usai buka bersama, Selasa (12/6/2018).

Selasa, 12 Juni 2018 20:34 WIB

BLORA (wartablora.com)—Seperti yang telah dijanjikan sebelumnya, Ketua Golkar DPD II Kabupaten Blora, Siswanto mulai membagi-bagikan THR kepada guru-guru tidak tetap (GTT) Non K2, mulai Sabtu, 9 Juni 2018. Guru tidak tetap yang hanya mengandalkan pendapatan honor yang diberikan THR ini berada di wilayah 3 kecamatan, yakni: Ngawen, Banjarejo, dan Tunjungan.

Pembagian THR ini sesuai dengan imbauan dari Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluruh Indoneia (ADKASI) yang mengimbau agar Anggota DPRD yang mendapatkan THR menyisihkannya untuk diberikan kepada tenaga honorer di masing-masing kabupaten.

"Berdasarkan ederan tersebut saya tak sekedar sebagian dari THR yang saya dapat yang saya bagikan ke tenaga pendidikan honorer, tapi semua THR yang saya dapat saya bagikan ke guru-guru tidak tetap, terutama yang non K2, karena saya sendiri sebenarnya berasal dari sana, sebab saya juga sarjana pendidikan yang peduli dengan nasib teman-teman lulusan yang sama," kata Siswanto di sela-sela buka puasa bersama tenaga-tenaga pendidik tidak tetap di wilayah Kecamatan Ngawen, Selasa petang (12/6/2018).

Ada 999 amplop THR yang dibagikan, yang selain diberikan pada guru-guru tidak tetap, juga diberikan pada tenaga pendidik di lingkungan NU.

"Tenaga pendidik tidak tetap yang saya berikan THR ada yang GTT SMP, juga GTT SD seperti yang sore ini saya bagikan untuk teman-teman GTT SD di wilayah Kecamatan Ngawen. Selain itu juga saya berikan pada tenaga-tenaga pendidik di TK dan Paud. Tak sekedar itu, saya bagikan juga tenaga-tenaga pendidik di lingkungan NU, terutama di Fatayat dan Muslimat," katanya.

Sebelumnya, saat menerima edaran dari ADKASI, Siswanto yang juga Anggota DPRD Kabupaten Blora ini menyampaikan akan memberikan semua THR yang ia dapat untuk tenaga pendidik honorer. Hal tersebut disampaikan pada minggu ke-4 Mei lalu.

"Jadi seperti yang sudah saya janjikan sebelumnya, saya mulai roadshow THR, dan berlangsung 6 hari hingga jelang lebaran nanti," katanya.

Roadshow telah dilakukan sejak akhir minggu lalu.

"Hari ini," katanya merujuk pada Selasa, 12 Juni 2018, "saya membagikan ke teman-teman tenaga pendidik yang ada di wilayah Kecamatan Ngawen dengan menggelar buka bersama. Di sini saya juga menyemangati untuk tenaga-tenaga pendidik menuntut keadilan kepada pemerintah akan kesejahteraan mereka. Saya siap mengawal agar kesejahteraan tenaga-tenaga pendidik ini dapat terpenuhi. Di Kabupaten Karangayar saja saya mengawal, apalagi di kabupaten sendiri."

Ditambahkannya, yang perlu diperjuangkan adalah kesejahteraan. "Jadi bukan SK pengangkatan, karena nantinya akan dibenturkan dengan peraturan yang ada," imbuhnya kepada puluhan tenaga pendidik honorer yang datang dalam acara buka bersama di rumah salah seorang warga di depan SDN 1 Ngawen. (*)