Aneka olahan kelor dan jamur jadi bahan P5 SMP 2 Blora

Foto: Gatot Aribowo

Seorang anak didik SMP 2 Blora tengah bersiap menyebarang jalan keluar dari lingkungan sekolahnya.

Jumat, 03 November 2023 19:54 WIB

BLORA (wartablora.com)—SMP 2 Blora membuat projek untuk P5 (projek penguatan profil pelajar Pancasila) dengan memanfaatkan budidaya daun kelor dan jamur. Dari 2 tanaman ini, berbagai produk olahan makanan dihasilkan anak-anak SMP 2 Blora dalam mengikuti proyek tersebut.

Eny Rubiyanti, Kepala SMP 2 Blora menyebutkan, berbagai produk makanan olahan dari daun kelor ini menghasilkan 5 jenis makanan dan minuman olahan kelor. Sementara untuk tanaman jamur, anak-anak didiknya bisa menghasilkan 6 jenis makanan olahan jamur.

"Untuk pengolahan daun kelor, anak-anak menghasilkan produk makanan seperti mie ayam kelor, dawet kelor, kripik kelor, puding kelor, juga es rumput kelor. Sementara untuk pengolahan jamur, ada sempol jamur, nugget jamur, kebab jamur, sate jamur, risol jamur, juga rice bowl jamur," paparnya saat dijumpai di ruang kerjanya.

Untuk mengawali produk olahan daun kelor, anak-anak sempat diajak berkunjung kebun kelor di Jalan Kunduran-Todanan. Dari sana kemudian anak-anak diminta untuk menanam kelor, baik di rumah maupun di kebun sekolah. Demikian juga untuk produk olahan jamur.

"Jadi anak-anak kami suruh untuk menanam jamur dan kelor, baik di rumah maupun di sekolah. Mereka juga kita suruh untuk melakukan pencatatan perkembangan tanaman. Jadi selain dituntut untuk menghasilkan produk olahan makanan dan minuman, anak-anak juga kita tuntut untuk membudidayakannya sekaligus mencatat untuk mempelajari pertumbuhan tanamannya," ujarnya.

Setelah masa panen, anak-anak kemudian diajak untuk mengolahnya menjadi produk makanan dan minuman.

"Setelah dilah jadi produk, baru kemudian anak-anak bisa memasarkannya, menjualnya, baik ke sesama temannya, bahkan ke gurunya," imbuhnya.

Pembudidayaan sekaligus pemanfaatan untuk produk olahan makanan dan minuman ini merupakan satu dari sekian tema P5 yang dijadikan projek untuk anak-anak didik SMP 2 Blora. Supriani, Wakil Kepala Sekolah SMP 2 Blora bidang kurikulum mengatakan, budidaya kelor dan jamur berikut pengolahannya merupakan tema kewirausahaan dalam P5 kurikulum merdeka. Sementara tema lainnya adalah bangunlah jiwa dan raganya yang kegiatannya senam SKJ, dan tema berekayasa dan berteknologi.

"Tiga tema ini sudah kami lakukan di tahun pertama. Sementara di tahun kedua ini, ada tema gaya hidup berkelanjutan, tema bhinneka tunggal ika, dan tema kearifan lokal," katanya.