Berikut Implementasi P5 SDN 1 Tegalgunung

Foto: Gatot Aribowo

Kegiatan belajar mengajar di SDN 1 Tegalgunung, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora.

Senin, 20 November 2023 19:56 WIB

BLORA (wartablora.com)—Banyak inovasi dan kreativitas bermunculan di sekolah-sekolah sejak kurikulum 2013 berganti dengan kurikulum merdeka. Salah satu terobosan dalam kurikulum terbaru dunia pendidikan anak-anak di Indonesia ini adalah Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, sering disingkat dengan P5. Di SDN 1 Tegalgunung, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, salah satu proyek yang dikerjakan untuk tema kearifan lokal adalah mengikuti kirab desa setempat.

"Kita sudah mengerjakan proyek, salah satunya mengikuti kirab desa di Kelurahan Tegalgunung, Kecamatan Blora. Kita ikut berpartisipasi, anak-anak kita ikutkan supaya mengenal budaya di sekitarnya," kata Siswanto, Kepala SDN 1 Tegalgunung saat dijumpai di ruang kerjanya.

Proyek ini dikerjakan pada tahun ajaran 2022/2023.

"Selain itu, di tahun ajaran 2022/2023 kita juga mengadakan pentas budaya di sekolah, seperti kegiatan fashion show. Kita juga mengadakan panggung di sekolah, sehingga anak-anak bisa mengaktualisasikan dirinya dalam wujud budaya. Tentunya budaya-budaya daerah seperti barongan, kemudian tari-tarian tradisional yang mereka kreasikan bersama dengan guru kelas masing-masing," jelasnya.

Untuk proyek P5 tahun ajaran sekarang, SDN 1 Tegalgunung dikatakannya mengusung tema kewirausahaan.

"Kita akan mengajarkan ke anak-anak untuk belajar berwirausaha. Kita juga mengadakan kegiatan pasar sekolah yang akan melatih anak-anak berjualan. Selain itu, tak hanya berjualan, kami juga mengajarkan ke anak-anak untuk membuat produk seperti burger yang dikerjakan kelas 5," imbuhnya.

Siswanto menambahkan, saat ini pihak sekolah sedang merancang untuk mengusung tema sekolah hijau.

"Nanti kita akan ajak anak-anak untuk menanam bunga dengan memanfaatkan barang-barang bekas yang bisa digunakan untuk pot bunga," tambahnya.