SDN Balong, Jepon akan kerja sama dengan desa untuk P5

Foto: Gatot Aribowo

Kegiatan belajar di dalam kelas di SDN Balong, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora.

Senin, 27 November 2023 14:41 WIB

BLORA (wartablora.com)—Desa Balong, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan oleh murid-murid sekolah dasarnya. Di desa tersebut, selain dikenal sebagai desa wisata di Kabupaten Blora, juga dikenal dengan kerajinan pembuatan keramik. Dengan potensi kerajinan ini, Jumirah, Kepala SDN Balong tengah menggagas proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertemakan kewirausahaan dan gaya hidup berkelanjutan yang ramah lingkungan dengan mengajari anak-anak didiknya untuk terampil dalam membuat keramik.

"Seperti yang kita ketahui bersama, di desa ini memiliki potensi pembuatan keramik yang telah dikenal luas. Karena itu kami tengah menggagas rencana untuk kerja sama dengan pemerintahan desa dalam mengajari anak-anak untuk membuat keramik," ujarnya saat ditemui di sela-sela tugasnya.

Rencananya proyek ini akan diberikan ke anak-anak didik pada semester akhir tahun pelajaran ini, 2023/2024. Pasalnya saat ini sekolahan tersebut tengah fokus untuk pengembangan sekolah adiwiyata.

"Kami sudah memberikan proyek P5 meskipun kami juga fokus untuk ikut dalam program sekolah adiwiyata. Untuk kelas 1, kelas 2 dan kelas 4 serta kelas 5 kita berikan proyek memasak untuk tema wirausaha," jelasnya.

Untuk proyek memasak ini, kelas 1 diajari masakan-masakan sederhana, seperti sosis dan roti-roti kelas.

"Untuk kelas 2 ada es, ada kolak, ada onde-onde oven. Kelas 4 juga masak. Karena guru kelasnya senang buat es, terus diajarkan ke anak-anak. Sementara ada kue bolu, bolang-baling, dan ketela," ujarnya.

Untuk semester awal tahun pelajaran ini, sekolahan tersebut memang fokus pada proyek masakan.

"Untuk semester depan kita akan kembangkan untuk proyek pembuatan ecoprint dan keramik," pungkasnya.